Rabu, 19 Desember 2012

Intensi Turn Over



Arti intensi adalah niat atau keinginan yang timbul pada individu untuk melakukan sesuatu. Turnover adalah berhentinya seseorang karyawan dari tempatnya bekerja secara sukarela . Intensi turnover adalah kecenderungan atau niat karyawan untuk berhenti bekerja dari pekerjaannya secara sukarela menurut pilihannya sendiri (Zeffane,1994 ).

Model konseptual dan model empiris tentang intensi turnover mendukung proposisi yang menyatakan bahwa intensi perilaku membentuk determinan paling penting dari perilaku sebenarnya (actual behavior) (Pare and Trembaly , 2001). Sementara itu menurut Mueller (2003:2), penelitian mengenai proses turnover sebaiknya dimulai ketika karyawan baru mulai bekerja atau menjadi anggota organisasi. Intensi turnover ada di bawah kontrol individu, sehingga dapat memberikan hasil penelitian yang lebih cepat dan relatif mudah diprediksi dibanding perilaku turnover nya.

Tingkat turnover adalah kriteria yang cukup baik untuk mengukur  stabilitas yang terjadi di organisasi tersebut, dan juga bisa mencerminkan kinerja  dari organisasi (Muchinsky,  (1993 ). Turnover mengarah pada kenyataan akhir yang dihadapi organisasi berupa  jumlah karyawan yang meninggalkan organisasi pada periode tertentu, sedangkan  keinginan berpindah mengacu pada hasil evaluasi individu mengenai kelanjutan  hubungannya dengan organisasi dan belum diwujudkan dalam tindakan pasti  meninggalkan organisasi. 

Menurut Zeffane (1994) ada beberapa faktor yang berpengaruh  terhadap turnover, diantaranya adalah faktor eksternal, yakni pasar tenaga kerja,faktor institusi yakni kondisi ruang kerja, upah, ketrampilan kerja, dan supervsi, karakteristik personal dari karyawan seperti intelegensi, sikap, masa lalu, jenis kelamin, minat , umur, dan lama bekerja serta reaksi individu terhadap pekerjaanya.

Tingkat perpindahan kerja karyawan yang terlalu  tinggi mengakibatkan biaya yang ditanggung organisasi jauh lebih tinggi  dibanding kesempatan memperoleh peningkatan kinerja dari karyawan baru  (Suwandi dan Indriartoro ,1999).

Perusahaan yang memiliki angka turnover yang tinggi mengindikasikan bahwa karyawan tidak betah bekerja di perusahaan tersebut. Dari sisi ekonomi, perusahaan akan mengeluarkan cost yang cukup besar karena   sering melakukan rekrutmen, pelatihan  dan menguras tenaga serta biaya dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi  suasana kerja menjadi kurang menyenangkan.

Selain itu, adanya turnover menurut  Feinstein & Harrah (2002) dapat  menggangu proses komunikasi, produktivitas serta menurunkan kepuasan kerja  bagi karyawan yang masih bertahan.  Organisasi selalu berusaha mencari cara untuk menurunkan tingkat perputaran karyawan, terutama dysfunctional turnover yang menimbulkan berbagai potensi  biaya seperti biaya pelatihan yang sudah diinvestasikan pada karyawan, tingkat  kinerja yang mesti dikorbankan, serta biaya rekrutmen dan pelatihan kembali. 

Dengan menggunakan taksonomi  turnover yang membedakan perilaku berpindah kerja suka rela (voluntary turnover) dalam dua kelompok , yang dapat dihindari (avoidable) dan yang tidak  dapat dihindari (unavoidable) perusahaan, maka studi tersebut akan lebih berguna  bagi pengembangan teori turnover.

Antara karyawan  yang meninggalkan organisasi secara suka rela tetapi tidak dapat dihindari dan  karyawan yang tetap tinggal pada organisasi (stayers) tidak dapat dibedakan karakteristik tingkat kepuasan dan komitmennya. Akibatnya hasil studi yang  menggunakan angka voluntary turnover yang tidak membedakan kedua kelompok  ini cenderung lemah hubungan antar variabelnya 

Perpindahan kerja sukarela yang dapat dihindari disebabkan karena alasan : upah yang lebih baik di tempat lain, kondisi kerja yang lebih baik di  organisasi lain, masalah dengan kepemimpinan / administrasi yang ada, serta  adanya organisasi lain yang lebih baik.  Perpindahan kerja suka rela  yang tidak dapat dihindari disebabkan oleh alasan-alasan : pindah ke daerah lain  karena mengikuti pasangan, perubahan arah karir individu, harus tinggal di rumah  untuk menjaga pasangan / anak, dan kehamilan (Suwandi & Indriartoro 1999 ) 



Penyebab Terjadinya Turnover

Ada beberapa aspek yang bisa dipakai sebagai prediktor dari turnover. Mueller (2003)

1. Variabel Kontekstual.

Permasalahan mengenai konteks adalah komponen yang penting dalam  mempelajari perilaku. Faktor yang penting dalam permasalahan mengenai  turnover adalah adanya alternatif pekerjaan lain yang tersedia di luar organisasi,  alternatif-alternatif organisasi dan bagaimana individu tersebut menerima nilai  atau menghargai perubahan pekerjaan (perceived costs of job change).







Variabel kontekstual ini terdiri dari :

a. Alternatif –alternatif yang ada di luar organisasi (External alternatives)

Dikarenakan adanya kecenderungan karyawan untuk meninggalkan organisasi di saat mereka memiliki tempat yang menjadi tujuan, maka  literatur lebih menekankan pada persepsi mengenai alternatif eksternal  sebagai prediktor dari turnover organisasional. . Sementara itu dari sisi individu, umumnya  membentuk intensi untuk turnover berdasarkan impresi subyektif dari  pasar tenaga kerja, dan umumnya individu -individu ini akan benar-benar  melakukan perpindahan kerja , jika persepsi yang ia bentuk sesuai dengan  kenyataan dan mereka merasa aman dengan pekerjaan yang baru .Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka pengangguran yang rendah berkaitan dengan peningkatan  angka turnover .



b. Alternatif-alternatif yang ada di dalam organisasi (Internal alternatives)

Bagi banyak karyawan, minat dan ketertarikan pada pekerjaan tidak hanya semata didasarkan pada posisi yang tersedia namun juga konteks organisasi secara keseluruhan. Salah satu konteks organisasional yang  penting tersedianya adalah alternatif di dalam organisasi tersebut. Ketersediaan dan kualitas pekerjaan yang bisa diacapai dalam organisasi  bisa digunakan sebagai indeks utilitas dari turnover disamping persepsi terhadap alternatif eksternal. Karyawan tidak akan  melakukan turnover dari organisasi jika ia merasa bahwa ia bisa atau mempunyai kesempatan untuk pindah (internal transfer) ke pekerjaan lain, di organisasi yang sama yang dianggapnya lebih baik.



c. Harga /nilai dari perubahan kerja ( Cost of job change)

Individu meninggalkan organisasi seringkali dikarenakan tersedianya alternatif-alternatif yang mendorong mereka untuk keluar dari  organisasi. Namun ada faktor lain yang membuat individu memilih untuk tetap bertahan, yakni faktor keterikatan (Embeddedness) Individu yang merasa terikat dengan organisasi cenderung untuk  tetap bertahan di organisasi . Keterikatan  menunjukkan pada kesulitan yang dihadap oleh individu untuk berpindah /  mengubah pekerjaan, meski ia mengetahui adanya alternatif yang lebih  baik di luar. Salah satu faktor yang meningkatkan harga dari turnover adalah asuransi kesehatan dan benefit-benefit yang didapat dari organisasi  (misal pensiun dan bonus-bonus). Hubungan finansial ini juga berkaitan  erat dengan komitmen kontinuans (continuance commitment), yaitu  kesadaran karyawan bahwa turnover membutuhkan biaya .

2.Sikap Kerja (Work Attitudes).

Model turnover umumnya menitikberatkan sikap karyawan terhadap  pekerjaan dan organisasinya sebagai pemicu dari proses turnover. Hampir semua  model  proses turnover dimulai dengan premise yang menyatakan bahwa keputusan untuk  turnover dikarenakan oleh tingkat kepuasan kerja yang rendah dan komitmen  organisasi yang rendah pula. Tercakup sikap kerja  diantaranya adalah :

a.Kepuasan kerja. Kepuasan kerja adalah sikap yang paling berpengaruh  terhadap  turnover. Hasil studi menunjukkan bahwa kepuasan kerja berkaitan erat dengan proses kognisi menarik diri (pre-withdrawl cognition), intensi untuk pergi dan tindakan nyata berupa turnover

b.Komitmen Organisasi. Selain kepuasan dengan pekerjaan, komitmen seseorang terhadap organisasi dan tujuannya merupakan salah satu  alasan seseorang untuk tetap bertahan. Beberapa teori menempatkan turnoversebagai faktor kuat yang menghambat terjadinya turnover dibanding factor  kepuasan.



3. Kejadian-kejadian kritis (Critical Events).

Menurut Beachs  dalam Mueler (2003), kebanyakan orang  jarang memutuskan apakah mereka tetap bertahan di pekerjaan yang ada ataupun  tidak, dan tetap  mempertahankan pekerjaan yang sama sebagai fungsi dari suatu  pilihan dibanding suatu kebiasaan. Kejadian-kejadian kritis, memberikan kejutan  yang cukup kuat bagi sistem kognitif individu untuk menilai ulang kembali situasi  yang dihadapi dan melakukan tindakan nyata. Contoh dari kejadian-kejadian kritis  diantaranya adalah perkawinan, perceraian, sakit atau kematian dari pasangan, kelahiran anak, kejadian yang berkaitan dengan pekerjaan seperti diabaikan dalam  hal promosi, menerima tawaran yang lebih menjanjikan atau mendengar tentang  kesempatan kerja yang lain. Semua kejadan-kejadian tersebut bisa meningkatkan  atau menurunkan kecenderungan seseorang untuk turnover, karena setiap kejadian  bisa disikapi secara berbeda antara individu yang satu dengan yang lain.

          Kejadian-kejadian ini merupakan anteseden dari proses penarikan diri dari organisasi (organizational withdrawal), yang diikuti oleh penarikan diri dari pekerjaan (work withdrawl) serta usaha mencari pekerjaan lain (search for alternatives) dan pada akhirnya diakhiri dengan keputusan keluar dari pekerjaan .



NB : bila anda berminat menelusur lebih lanjut referensi dari tulisan ini silakan hubungi penulis, atau bisa anda telusur sendiri melalui jurnal internasional

94 komentar:

  1. Selamat siang. Bapak Hasthojn saya Yoga, mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai turnover. saya kesulitan untuk menemukan artikel atau jurnal yang membahas mengenai turnover, terutama tokoh Zeffane.
    apabila berkenan, mohon untuk mengirimkan artikel atau jurnal tersebut ke email saya :

    kusumasayogo@gmail.com

    atas perhatiannya, terima kasih yang sebesar-besarnya.

    BalasHapus
  2. Salam kenal bapak Hasthojn, saya marlene mahasiswi psikologi yang sedang mengambl skripsi mengenai unavoidable voluntary turnover. Saya menemukan alasan-alasan terjadinya UVT dari artikel bapak berdasarkan literatur Suwandi & Indriartoro 1999.

    Jika bapak berkenan, saya mohon untuk dikirimkan daftar pustaka dari Suwandi & Indriartoro ke email saya : chorshiva@yahoo.com

    dan sekiranya bisa didapatkan dimana karena saya sangat membutuhkan bukti untuk literatur tersebut.

    atas bantuan yang bapak berikan, saya haturkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  3. selamat malam bapak Hasthojn, saya Andra mahasiswi yang sedang menyusun skripsi bertema turnover.. dimohon bantuannya untuk bisa memberikan data daftar pustaka mengenai artikel di atas..

    apabila berkenan, saya mohon agar daftar pustakanya bisa dikirim ke email saya : alexandrasaerang@gmail.com

    terimakasih sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
  4. Pak,
    mohon bantuannya untuk memberikan literatur dari tulisan diatas,

    mohon jika bernenan literatur & daftarnya bisa dikirim ke sashashadrina@gmail.com

    terimakasih banyak,
    salam.

    BalasHapus
  5. Terima Kasih atas Postingan ini.
    Salam. Pak, literatur dan jurnal tentang turnover karyawan kiranya bisa saya peroleh dan dikirim ke tresno411@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
  6. mohon untuk kirim literatur dan jurnal yang terkait pak, terimakasih bisa dikirim ke email saya muthia.rizki_rahmawati@yahoo.com

    BalasHapus
  7. Pak, mohon bantuannya untuk memberikan refrensi dan literatur tulisan diatas untuk tugas kuliah saya pak, saya mahasiswi psikologi unlam semester 3
    jika berkenan bisa dikirim ke rarasayu24@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  8. selamat malam pak saya mahasiswi tingkat akhir sedang menyusun tugas akhir, mohon bantuannya untuk memberikan daftar pustaka lengkap/ refrensi dan literatur/jurnal yang bersangkutan dengan tema turnover diatas, jika berkenan bisa dikirimkan ke lutfirahmania@ymail.com

    BalasHapus
  9. selamat pagi bapak, saya Ima mahasiswi
    tingkat akhir sedang menyusun tugas akhir tentang turnover. Mohon bantuannya untuk
    memberikan daftar pustaka lengkap/
    refrensi yang bersangkutan dengan tema turnover. khususnya penelitian suwandi dan indriantoro, sekiranya dapat ditemukan dimana pak, saya butuh bukti untuk tugas saya.
    Jika bapak berkenan mohon dikirimkan ke alifian86@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  10. selamat malam bapak, saya mahasiswa yang sedang mengadakan penelitian ttg intensi turn over jika boleh tau referensi serta daftar pustaka nya . jika diperbolehkan mohon kirimkan ke emial wirdayantie220694@gmail.com . terimakasih pak

    BalasHapus
  11. Selamat siang pak. saya mahasiswa yg sedang mengadakan penelitian tentang turn over.
    boleh minta refrensi tentang daftar pustaka.

    sidik_ahbab@yahoo.co.id

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Selamat malam, Pak. Saya mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tentang turnover intention. Saya mohon kepada bapak untuk memberikan daftar pustaka dari artikel ini dan sumber referensi terkait dengan tema tersebut. Mohon dikirim ke email saya, fitriadefitri@gmail.com

    Terima kasih, Pak.

    BalasHapus
  14. Selamat siang Pa.., sy dodi mahasiswa tingkat akhir yg sedang proses penyusunan skripsi tentang Turnover.., mohon kiranya bapak dapat memberikan referensi buku tentang turnover ini untuk sy masukan dalam daftar pustaka yg sy buat..
    Dan bila bapa berkenan, dapat di kirim ke email sy :
    dodiprasada0403@gmail.com
    Atas perhatian dan bantuannya sy ucapkan terima kasih..

    BalasHapus
  15. Selamat sore pak..saya mahasiswa yg sedang melakukan penelitian ttg turnover intention utk tugas akhir. Mohon bantuannya untuk daftar pustaka, referensi, atau jurnal utk tema turnover ini. Jika berkenan bisa diemail ke lattalala@gmail.com
    Terima kasih pak..

    BalasHapus
  16. Selamat sore pak .. saya mahasiswa yg sedang melakukan tugas akhir skripsi pak saya minta tolong kirimkan referensi nya k email saya kusnandar192@gmail.com

    BalasHapus
  17. selamat siang pak, saya mahasiswi yang sedang menyusun skripsi mengenai tema ini.
    Bila diperkenankan saya mohon bantuan bapak untuk memberitahu saya melalui fitrisnandri@gmail.com jika ada referensi buku yang beredar di toko buku mengenai turnover intention. Terima kasih pak.

    BalasHapus
  18. Selamat siang pak..saya mahasiswi yg sedang melakukan penelitian ttg turnover intention utk tugas akhir. Mohon bantuannya untuk daftar pustaka, referensi, atau jurnal utk tema turnover untuk lebih spesifik nya mengenai turnover(intention to quit) ini. Jika berkenan bisa tolong diemail ke dhaniesworo26@gmail.com
    mohon bantuannya dan Terima kasih pak..

    BalasHapus
  19. selamat sore bapak mohon bantuannya saya sedang menyelesaikan tugas akhir tentang turnover bisa di kirimkan nama buku dari teori Menurut Zeffane (1994) ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap turnover, diantaranya adalah faktor eksternal, yakni pasar tenaga kerja,faktor institusi yakni kondisi ruang kerja, upah, ketrampilan kerja, dan supervsi, karakteristik personal dari karyawan seperti intelegensi, sikap, masa lalu, jenis kelamin, minat , umur, dan lama bekerja serta reaksi individu terhadap pekerjaanya.... mohon dengan sangat pak bantuannya, jika berkenan kirim ke fajartanjungtjlaksana@gmail.com terimakasih bapak

    BalasHapus
  20. Selamat malam bapak , saya mahasiswi yang sedang menyusun skripsi mengenai turnover karyawan, mohon bantuannya bapak untuk mengirimkan nama buku dari teori menurut zeffane (1994), jika berkenan kirim ke devi.sulistia91@gmail.com
    terimakasih pak ..

    Balas

    BalasHapus
  21. Selamat Pagi Bapak,mohon maaf mengganggu waktunya,saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai pengaruh praktik pengembangan karir menurut turnover intention karyawan pada sebuah perusahaan,saya sangat memohon meminta bantuan bapak untuk mengirimkan daftar pustaka, referensi, atau jurnal untuk tema turnover untuk lebih spesifik nya mengenai turnover, jika berkenan bisa dikirim ke email saya tommisutiknyo@gmail.com. saya sangat memohon pertolongan bapak untuk bantuan,terimakasih banyak pak.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. selamat malam pak. saya mahasiswa akhir universitas UIN surabaya. saya menganggkat tema turnover. jika berkenan bapak kirik litelatur nya pak. Nanangnurcholiq@yahoo.com

    BalasHapus
  24. selamat malam pak, saya mahasiswa semester 8 Universitas Buddhi Dharma Tangerang. saya mengambil judul skripsi tentang pengaruh lingkungan kerja dan stress kerja terhadap turn over intention pada suatu perusahaan. jika berkenan mohon kirimkan literatur yang bapak pakai untuk turn over intention ke email saya. gegesss000@gmail.com
    terima kasih.

    BalasHapus
  25. Selamat siang Bapak, saya mahasiswi magister psikologi profesi yg sedang menyusun tesis tentang turnover intention. Mohon bantuan Bapak untuk memberikan informasi daftar pustaka, jurnal, dan referensi lain mengenai turn over intention. Apabila Bapak berkenan informasi bisa dikirim ke email saya dyah.dee11@gmail.com
    Terimakasih Bapak. :)

    BalasHapus
  26. Selamat siang pak. Saya sedang menyusun skripsi tentang turnover intention. Jika bapak berkenan, saya mohon bantuan bapak untuk mengirimkan daftar pustaka, referensi, atau jurnal untuk tema turnover untuk lebih spesifik nya mengenai turnover intention, jika berkenan bisa dikirim ke email saya noviakn@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus
  27. Selamat malam. Bapak Hasthojn saya Alifian, mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai turnover. saya kesulitan untuk menemukan artikel atau jurnal yang membahas mengenai turnover, terutama refrensi daftar pustakanya.
    apabila berkenan, mohon untuk mengirimkan artikel atau jurnal tersebut ke email saya :

    iandgrahasaputra@gmail.com

    atas perhatiannya, terima kasih bapak.

    BalasHapus
  28. selamat pagi, yang terhormat bapak Hasthojn saya Alifian saya mahasiswa tingkat akhir saat ini saya sedang menyusun skripsi mengenai turnover intention, disini saya meminta kepada bapak agar berkenan mengirimkan artikel yang berkaitan dengan turnover beserta teori yang mendukung turnover menurut para ahli ke email saya :
    aditiya_dwitanaya@yahoo.com

    atas perhatian dan kerjasama nya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  29. Selamat malam Bapak, saya mahisiswi tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi dan dikejar deadline sidang di bulan agustus ini. Dan saya belum memiliki definisi dan indikator-indikator dari turnover intention sebagai bahan saya, dan dosen meminta untuk data buku terbaru dan saya mengalami kesulitannya. Mohon bisa dibantu pak, dengan mengemailkan nya ke fitri.ads91@yahoo.com atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  30. Selamat malam, Pak. Saya mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tentang turnover intention. Saya mohon kepada bapak untuk memberikan daftar pustaka dari artikel ini dan sumber referensi terkait dengan tema tersebut. Mohon dikirim ke email saya, syaifulrahman166@gmail.com

    Terima kasih, Pak.

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Selamat malam, Pak. Saya mahasiswa yang tertarik untuk membuat tesis tentang turnover intention, namun saya informasi dan referensi yg saya dapat masih minim. Saya mohon bantuan bapak untuk memberikan informasi mengenai daftar pustaka dari artikel ini dan sumber referensi terkait dengan tema tersebut. Mohon dikirim ke email saya, retyan.ambar@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  33. Selamat malam pak saya mahasiswi yg sedang melakukan penelitian tentang turnover intention, saya mohon bantuan bapak untuk informasi mengenai daftar pustaka, referensi, atau jurnal utk tema turnover ini. Jika berkenan bisa diemail ke mutiara.hartasya@gmail.com
    Terima kasih pak..

    BalasHapus
  34. Selamat siang pak. Saya Mahasiswa Manajemen Konsentrasi Sumber Daya Manusia dan sedang menyusun skripsi tentang turnover intention. Jika bapak berkenan, saya mohon bantuan bapak untuk mengirimkan daftar pustaka, referensi, atau jurnal untuk tema turnover untuk lebih spesifik nya mengenai turnover intention, jika berkenan bisa dikirim ke email saya kiki.zakiyah05@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus
  35. Selamat malam pak.
    Mohon bantuannyanpak. Saya Mahasiswa Manajemen sedang menyusun skripsi tentang turnover intention. Jika bapak berkenan,mohon bantuan bapak untuk mengirimkan daftar pustaka, referensi, atau jurnal tentang turnover ke email saya lisma.lisma13@gmail.com .

    Terima kasih pak.

    Balas

    BalasHapus
  36. Selamat malam pak..
    Saya mahasiswa manajemen yang sedang menyusun skripsi ttg turnover intention.. mohon bantuan dari bapak utk mengirimkan daftar pustaka, referensi, jurnal, khususnya dari zeffane maupun mueller
    Mohon dikirim ke email saya Andriansyah.dharmawan@gmail.com

    Terima kasih..

    BalasHapus
  37. Selamat pagi pak..saya mahasiswi yg sedang melakukan penelitian ttg turnover intention utk tugas akhir. Mohon bantuannya untuk daftar pustaka, referensi, atau jurnal utk tema turnover ini. Jika berkenan bisa tolong diemail ke okritas@gmail.com
    mohon bantuannya dan Terima kasih pak..

    BalasHapus
  38. Selamat pagi pak..saya mahasiswi yg sedang melakukan penelitian ttg turnover intention utk tugas akhir. Mohon bantuannya untuk daftar pustaka, referensi, atau jurnal utk tema turnover ini. Jika berkenan bisa tolong diemail ke okritas@gmail.com
    mohon bantuannya dan Terima kasih pak..

    BalasHapus
  39. Selamat siang pak.
    Mohon bantuannyan pak. Saya Mahasiswa Manajemen sedang menyusun skripsi tentang turnover intention. Jika bapak berkenan,mohon bantuan bapak untuk mengirimkan daftar pustaka, referensi, atau jurnal tentang turnover ke email saya indrapha@gmail.com

    BalasHapus
  40. Selamat pagi pak,
    Saya mahasiswa tingkat akhir sedang menyusun skripsi mengenai turnover intention.
    Saya sangat berterimakasih jika bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal, atau referensi ke email saya ikekusmiati1@gmail.com. Teima kasih

    BalasHapus
  41. Perkenalkan pak saya Lina saat ini menjabat sebagai Manager BOM disalah satu perusahaan menurut bapak strategi atau langkah-langkah apa yang dapat kita lakukan untukmenekan angka turnover tersebut, mohon infomasikan tanggapan Bapak ke email saya lina.anggra@gmail.com

    BalasHapus
  42. selamat siang, pak
    untuk turnover itu sendiri, menggapa perusahaan berusaha keras untuk monitor tingkat turnover ya pak, sekian dan terima kasih...

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Selamat malam pak, saya lisma , saya sedang meneliti tentang turnover, saya boleh minta tolong kirimkan daftar pustaka dan bukunya pak .

    BalasHapus
  45. Selamat sore Bapak Hasthojn,Saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang meneliti tema terkait turnover intention pak, jika bapak berkenan mau kah bapak bersedia untuk berdiskusi dengan saya melalui email terkait fenomena/isu mengenai turnover intention? serta ijinkan saya untuk menerima referensi terbaru mengenai hal tersebut di atas dari bapak. sekiranya sangat saya butuhkan pak, berikut ini alamat email saya qry.miia@yahoo.com

    untuk itu saya ucapkan terimakasih pak atas tulisan bapak ini mengenai turnover intention. informatif sekali. makasi pak

    BalasHapus
  46. selamat siang pak Hasthojn, saya mahasiswa psikologi yang sedang meneliti intensi turnover. terimakasih atas tulisanya yang bapak posting. saya butuh bantuanya untuk mendapatkan jurnal dari Mueller (2003), dan Zeffane (1994). saya mohon agar dikasih journal tersebut. dikirim ke fitrotulhasan@gmail.com

    BalasHapus
  47. selamat siang pak, saya mahasiswi administrasi bisnis yang sedang meneliti tentang turnover intention. Tulisan yang bapa posting sangat membantu saya dalam menambah referensi. Saya sangat berterimakasih jika bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal, atau referensi ke email saya rizkitacahyanina@gmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
  48. Selamat Pagi pak, Saya mahasiswa Ekonomi yang sedang menulis skripsi yang berkaitan dengan turnover karyawan..
    apabila bakap berkenan saya mohon untuk memberikan referensi buku tentang ini.. karena sampai saat ini saya masih kesulitan mencari buku yang membahas tentang turnover..
    bapak bisa mengirimkan nya ke diyasser16@gmail.com
    sebelumnya terimakasih banyak

    BalasHapus
  49. Selamat siang bapak ..
    Sy mahasiswi pascasarjana yg sangat tertarik dgan topik turnover intention..
    Untk mncari researc gap sangat d butuhkan literatur-literatur yg banyaakkk..
    Mohon bantuan untuk mensher literaturnya pak ya ..
    ernisupriati77@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  50. Selamat siang bapak ..
    Sy mahasiswi pascasarjana yg sangat tertarik dgan topik turnover intention..
    Untk mncari researc gap sangat d butuhkan literatur-literatur yg banyaakkk..
    Mohon bantuan untuk mensher literaturnya pak ya ..
    ernisupriati77@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  51. Selamat siang bapak ..
    Sy mahasiswi pascasarjana yg sangat tertarik dgan topik turnover intention..
    Untk mncari researc gap sangat d butuhkan literatur-literatur yg banyaakkk..
    Mohon bantuan untuk mensher literaturnya pak ya ..
    ernisupriati77@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  52. selamat siang bapak hasthojn, saya Rifki mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penelitian skripsi. saya sedang melakukan peneltian yang berkaitan dengan variabel turnover. saya berharap bapak dapat membantu penelitian ini dengan memberi refrensi buku yang telah bapak tulis dalam blog bapak.
    terima kasih sebelumnya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini email saya pak rifki.abdilah12@gmail.com

      Hapus
    2. ini email saya pak rifki.abdilah12@gmail.com

      Hapus
  53. selamat pagi bapak Hasthojn, saya rida mahasiswi yang sedang menyusun skripsi bertema turnover intention, mohon bantuannya untuk dapat memberikan data daftar pustaka ataupun jurnal terkait yang bapak miliki

    apabila berkenan, saya mohon agar daftar pustakanya bisa dikirim ke email saya pak khoridayuliani@yahoo.co.id

    terimakasih

    BalasHapus
  54. Selamat sorr bapak hasthojn, saya fajri mahasiswa yang sedang menyusun penelitian untuk tugas akhir mengenai turover intention, saya berharap bapak berkenan memberikan daftar pustaka ataupun jurnal mengenai turnover intention karyawan sebagai referensi penelitian saya ini. Alamat email saya fajri.nelpap@gmail.com. Atas perhatian bapak, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  55. selamat siang pak Hasthojn, saya mahasiswa psikologi yang sedang meneliti intensi turnover. terimakasih atas tulisanya yang bapak posting. saya butuh bantuanya untuk mendapatkan daftar pustaka dari tulisan bapak tersebut. dan jika bapak berkenan tolong dikirim ke mayvitainnanit@gmail.com

    BalasHapus
  56. Selamat pagi pak,saya mahasiswa akhir sedang menyusun skripsi tentang turnover karyawan,saya berharap bapak berkenan memberikan daftar pustaka mengenai turnover karyawan,tolong di kirim 4lianwar@gmail.com

    BalasHapus
  57. Selamat sore bapak, saya mahasisiwi semester akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai turnoverr, kalau bapak berkenan saya boleh minta daftar pustaka mengenai turnover, tolong dikirim ke email saya luthfijauhar95@gmail.com
    terimakasih bapak

    BalasHapus
  58. Selamat Pagi bapak, saya mahasisiwa semester akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai turnoverr, kalau bapak berkenan saya boleh minta daftar pustaka mengenai turnover, tolong dikirim ke email saya noorariefsantosa@yahoo.com
    terimakasih bapak

    BalasHapus
  59. Selamat Pagi bapak, saya mahasisiwi semester akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai turnover karyawan, kalau bapak berkenan saya boleh minta daftar pustaka mengenai turnover, tolong dikirim ke email saya ratufatimah09@gmail.com
    terimakasih bapak

    BalasHapus
  60. Selamat Pagi bapak, saya mahasisiwi semester akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai turnover karyawan, kalau bapak berkenan saya boleh minta daftar pustaka mengenai turnover, tolong dikirim ke email saya ratufatimah09@gmail.com
    terimakasih bapak

    BalasHapus
  61. selamat pagi pak bisa tolong bantuan nya pak saya mahasiswa ingin meminta daftar pustaka atau jurnal mengenai turnover intention jika berkenan tolong kirim ke e-mail saya dewisnu3@gmail.com trimakasi

    BalasHapus
  62. angelatjen11@gmail.com
    mohon bantuannya ya pak kirim literatur atau jurnal yang berkaitan dengan turnover karyawan, terima kasih.

    BalasHapus
  63. Selamat siang pak, mohon bantuannya jika berkenan untuk mengirim literatu, jurnal, ataupun daftar pustaka yang berkaitan dengan turnover intention ke email saya pak, kaderprofetik@gmail.com ... terimakasih sebelumnya pak,..

    BalasHapus
  64. Selamat sore Bapak Hasthojn, saya mahasiswa manajemen yg sedang menyusun tugas akhir skripsi. saya sangat tertarik terhadap variabel turnover intention, saya minta bantuan bapak untuk membantu saya dengan memberikan beberapa referensi buku, jurnal terkait, ataupun literatur yg dpt dapat saya pergunakan.
    bapak bisa kirim ke email saya donnybudiyanto87@gmail.com
    terimakasih sebelumnya pak.

    BalasHapus
  65. Selamat pagi pak. Mohon bantuannya jika berkenan untuk mengirim literatur, jurnal maupun daftar pustaka yang berkaitan dangan turnover. Bpk bisa kirim k email saya devita199287@gmail.com
    Terimahkasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  66. Selamat pagi pak. Mohon bantuannya jika berkenan untuk mengirim literatur, jurnal maupun daftar pustaka yang berkaitan dangan turnover. Bpk bisa kirim k email saya devita199287@gmail.com
    Terimahkasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  67. Selamat malam pak,saya mahasiswa smestr akhir, saya ingin meminta bantuan ,jadi saya sedang menyusun skripai tentang turn over intention, tapi saya kesulitan mencari referensi buku tentang turnover intention, jika bapak berkenan menshare daftar pustaka yang ada kaitannya dengan turnover intention . Terimakasih pak

    BalasHapus
  68. selamat pagi pak, saya mahasiswa semester akhir pak yang sedang mengurus skripsi tentang turnover intention, saya banyak sekali kesulitan pak, terutama tentang referensi bukunya, saya meminta bantuan sama bapak,untuk berkenan membantu saya dengan mengirimkan referensi buku atau artikel terkait tunover intention ke alamat email saya pak. susanti1300012048@webmail.uad.ac.id saya harap bapak bisa membantu saya, TERIMAKASIH.

    BalasHapus
  69. Terimakasih informasinya pak. saya relita apriliyanti mahasiswi manajemen sdm yang sedang mengambl skripsi mengenai turnover intention.

    Jika bapak berkenan, saya mohon untuk dikirimkan daftar pustaka & literatur dari jurnal internasional ke email saya : relita.apriliyanti@gmail.com

    Semoga bapak berkenan untuk memberikan informasinya. Terimakasih

    BalasHapus
  70. selamat siang pak, saya mahasiswi universitas pendidikan ganesha yang sedang meneliti tentang turnover intention. Tulisan yang bapa posting sangat membantu saya dalam menambah referensi. Saya sangat berterimakasih jika bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal, atau referensi ke email saya candrapradnyadewi@gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
  71. selamat siang pak, saya mahasiswi universitas pendidikan ganesha yang sedang meneliti tentang turnover intention. Tulisan yang bapa posting sangat membantu saya dalam menambah referensi. Saya sangat berterimakasih jika bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal, atau referensi ke email saya candrapradnyadewi@gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
  72. selamat siang pak, saya mahasiswi universitas pendidikan ganesha yang sedang meneliti tentang turnover intention. Tulisan yang bapa posting sangat membantu saya dalam menambah referensi. Saya sangat berterimakasih jika bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal, atau referensi ke email saya candrapradnyadewi@gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
  73. selamat siang pak, saya mahasiswi universitas pendidikan ganesha yang sedang meneliti tentang turnover intention. Tulisan yang bapa posting sangat membantu saya dalam menambah referensi. Saya sangat berterimakasih jika bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal, atau referensi ke email saya candrapradnyadewi@gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
  74. selamat siang pak, saya mahasiswi universitas pendidikan ganesha yang sedang meneliti tentang turnover intention. Tulisan yang bapa posting sangat membantu saya dalam menambah referensi. Saya sangat berterimakasih jika bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal, atau referensi ke email saya candrapradnyadewi@gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
  75. selamat malam pak, saya mahasiswi universitas serang yang sedang meneliti tentang turnover intention. Tulisan yang bapa posting sangat membantu saya dalam menambah referensi. Saya sangat berterimakasih jika bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal, atau referensi ke email saya Kristinadamayanti063@gmail.com Terima kasih.

    Balas

    BalasHapus
  76. Selamat malam pak, saya mahasiswa dari univ djuanda bogor,mohon untuk kirim literatur dan jurnal yang terkait pak, terimakasih bisa dikirim ke email Ridho.alsabah06@gmail.com
    Terimakasih pak

    BalasHapus
  77. Terimakasih pa atas informasinya,,saya mahasiswi tingkat akhir sedang menyusun skripsi mengenai turnover intention,mohon bantuanya untuk bahan yang akan dijadikan study literatur dan buku terkait mengenai turnover intention, terimakasi bisa di kirim lewat email Sitisopiah250596@gmail.com.
    trimksih

    BalasHapus
  78. selamat siang pak. saya mahasiswi semester akhir yang sedang meneliti turnover intention. saya mohon bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal atau referensi ke email nabilazulfa29@gmail.com
    terimakasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  79. selamat siang pak. saya mahasiswi semester akhir yang sedang meneliti turnover intention. saya mohon bapak berkenan untuk mengirimkan daftar pustaka, jurnal atau referensi ke email inesanining@gmail.com
    terimakasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  80. Terimakasih informasinya pak. saya felisa angularsih mahasiswi manajemen sdm yang sedang mengambl skripsi mengenai turnover intention.

    Jika bapak berkenan, saya mohon untuk dikirimkan daftar pustaka & referensi atau literatur dari jurnal internasional ke email saya : felisaangularsih97@gmail.com

    Semoga bapak berkenan untuk memberikan informasinya. Terimakasih

    BalasHapus
  81. terima kasih banyak atas informasinya, saya adalah mahasiswa yang sedang mengambil topik turnover intention, bila bapak berkenan untuk memberi referensi buku atau jurnal saya sangat berterima kasih
    ini adalah email saya muhammadiqbalimanullah@gmail.com terima kasih pak.

    BalasHapus
  82. Terima kasih atas informasinya pak. Sy mahasiswi manajemen sdm yg sedang mengambil skripsi dgn tems turnover intention karyawan. Bila bapak berkenan, sy mohon untuk dikirimkan daftar pustaka dan referensi buku atau jurnal ke email sy. Joyiandita96@gmail.com. Terimakasih sblmnya pak.

    BalasHapus
  83. Selamat siang bapak.. saya mahasiswa smstr akhir yang ingin mengerjakan skripsi dengan topik turnover.. apabila berkenan mungkin bapak bisa membantu saya dalam memberikan daftar pustaka atau jurnal milik bapak sebagai referensi saya.. terima kasih sebelumnya ��

    BalasHapus
  84. Selamat malam pak, saya mahasiswa semester akhir yang akan mengerjakan tugas akhir yang bertema turnover intension. Jika bapak berkenan membagikan literature-literature tentang turnover intension sebagai referensi. silahkan bapak kirimkan di alamat email saya: yatitkhatijahirjayanti@gmail.com
    Terima kasih dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  85. terimakasih atas informasinya pak. jika bapak berkenan kiranya saya mohon untuk dikirimkan daftar pustaka dan referensi buku atau jurnal ke email saya, neviaka7@gmail.com Terimakasih sebelumnya pak.

    BalasHapus
  86. Terimakasih pak, info nya sangat membantu. Jika berkenan saya minta tolong dikirimkan referensi buku atau jurnal ke email saya, ferinayanti1996@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  87. Terimakasih pak, info nya sangat membantu. Jika berkenan saya minta tolong dikirimkan referensi buku atau jurnal ke email saya, rahmawatirahayu19@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  88. salam pa, saya mahasiswi tingkat akhir yang juga sedang menyusun tugas akhir tentang turnover. Postingannya sangat bermanfaat pa,namun jika boleh saya minta bantuan bapa untuk memberikan daftar pustaka nya pa agar lebih bermanfaat, herniaurelia@gmail.com terimkash

    BalasHapus
  89. Selamat malam. Bapak Hasthojn saya chintya, mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai turnover intention . saya kesulitan untuk menemukan artikel atau jurnal yang membahas mengenai turnover,
    apabila berkenan, mohon untuk mengirimkan artikel atau jurnal tersebut ke email saya :

    Wdchintyae@gmail.com

    atas perhatiannya, terima kasih yang sebesar-besarnya.

    BalasHapus
  90. selamat siang pak. saya axel, mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi mengenai turnover intention. jika bapak berkenan, mohon untuk mengirimkan artiel atau jurnal tersebut ke email saya : axlkj14@gmail.com

    BalasHapus
  91. Selamat sore, Pak Hasthojn. Saya Vashti Velda mahasiswa semester 8 yang sedang menyusun skripsi yang berjudul "Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi dan Kompensasi Terhadap Turnover Intention Karyawan pada PT.X". Saya mengalami kesulitan untuk mencari referensi (buku teks, jurnal, ayaupun artikel) mengenai variabel Turnover Intention. Saya menemukan postingan bapak di blog mengenai Turnover Intention, oleh karena itu saya memutuskan untuk mengirim email ini. Jika bapak berkenan, saya mohon bantuan bapak untuk mengirimkan referensi yang bisa saya gunakan untuk menyusun skripsi saya, Pak.
    Email saya: velda vashti@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya, Pak.

    BalasHapus